Problematika utama manusia modern

want to the world peace

peace on earth?

Problema dunia yang selalu menjadi perhatian utama manusia modern adalah pertanyaan tentang sistem apa yang paling sesuai untuk membangun kehidupan sosial umat manusia.

Itulah pertanyaan paling pelik dan sangat sensitif yang selalu menghadang manusia sejak manusia memulai kehidupan sosialnya. Karena saling bekerja sama merupakan basis kehidupan sosial, diperlukan suatu sistem hukum untuk mengatur hubungan-hubungan manusia. Semakin konsisten sistem ini dengan watak dan kepentingan-kepentingan manusia, semakin ia menjamin kemakmuran dan solidaritas manusia.

Semua usaha manusia dalam bidang politik dan intelektual telah diarahkan kepada tujuan ini. Aneka ragam mazhab pemikiran muncul menyertai hubungan-hubungan sosial yang sesuai dengan konsepnya sendiri-sendiri.

Tetapi sayangnya, hasil-hasilnya sejauh ini hanya berupa bencana. Jika bagian masyarakat tertentu makmur, maka mayoritas yang lain menderita dan tetap menderita. Semua ini disebabkan tidak adanya sistem sosial yang adil dan benar.

Manusia modern memiliki pengetahuan yang lebih baik tentang permasalahan sosial daripada manusia di masa lampau. Ia menyadari kompleksnya dan mengetahui bahwa penderitaan yang dialami sekarang adalah buatan manusia. Ia mengetahui bahwa hukum sosial yang ada sekarang tidak begitu mengikat seperti hukum-hukum fisik. Ini bukan hukum gravitasi yang tidak dapat diubah.


Jelaslah, bilamana manusia yakin bahwa hubungan-hubungan sosial sekarang adalah hasil jalan hidup yang telah dipilih oleh manusia sendiri, dan sama sekali bukan tidak dapat diubah, ia menghadapi permasalahan sosial dengan penuh aktif dan bersemangat, dan tidak menyerah tanpa daya kepadanya.
bersambung —

dikutip dari Syahid Muhammad Baqir Sadr

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s