Jurus Mudah Hidup Ramah Lingkungan

Penelitian menunjukkan belakangan ini telah terjadi peningkatan suhu global sebagai akibat meningkatnya konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer. Efek yang membuat suhu di permukaan bumi menjadi naik ini dikenal sebagai pemanasan global (global warming).

Peningkatan suhu bumi juga memicu terjadinya perubahan iklim yang menyebabkan berbagai macam persoalan lingkungan seperti perubahan pola curah hujan atau musim kemarau yang berkepanjangan. Tentu saja, hal-hal tersebut menimbulkan pengaruh yang sangat buruk terhadap bumi yang kita tinggali ini. Perubahan cuaca yang ekstrim seperti hujan badai, musim kering, tsunami, banjir dan gejala cuaca lain akan berdampak langsung pada kehidupan manusia. Juga, akan berdampak langsung pada garis pantai dan dapat mengakibatkan banjir hebat pada pulau-pulau kecil atau kawasan perkotaan yang sejajar dengan garis pantai.

Untuk mengatasi terjadinya pemanasan global dan membuat kondisi lingkungan di bumi nyaman diperlukan langkah-langkah serius seperti mencari alternatif bahan bakar, menghemat pemanfaatan sumber daya bumi atau melestarikan tumbuhan yang berada di hutan. Sementara itu, bila Anda ingin turut berpartisipasi dalam pelestarian lingkungan, Anda bisa memulainya dengan melakukan hal sederhana di lingkungan Anda. Berikut ini adalah beberapa hal praktis yang dapat kita terapkan sehari-hari untuk menyelamatkan bumi yang kita cintai.

Hemat Energi
1. Ganti lampu pijar dengan lampu jenis FLB (Fluorescent Light Bulbs) atau CFL (Compact Fluorescent Bulbs) agar bisa menekan tagihan listrik hingga 30%.
2. Matikan dan cabut kabel piranti listrik yang sedang tidak digunakan agar listrik benar-benar tidak mengalir lagi.
3. Daripada menggunakan microwave atau kompor untuk mencairkan makanan beku, lebih baik keluarkan makanan beku dari kulkas dan biarkan mencair dalam suhu ruangan.

Cegah Krisis Air
1. Didihkan dan manfaatkan air secukupnya, jadi Anda tidak perlu mendidihkan satu teko air hanya untuk membuat satu atau dua cangkir kopi.
2. Sebisa mungkin pasang dan gunakan pancuran air untuk mandi agar bisa menghemat pemakaian air hingga 60%.
3. Gunakan Super SC-88 untuk mencuci pakaian agar bisa menghemat air. Super SC-88 merupakan konsentrat serbuk cuci tanpa bahan pengisi sehingga penggunaannya hemat dan sangat ramah lingkungan. Cukup dengan sedikit Super SC-88 yang dicampur dengan air secukupnya akan dapat mencuci banyak pakaian.

Kurangi Polusi Udara
1. Sering-seringlah berjalan kaki apalagi jika tempat yang dituju dekat.
2. Gantilah oli kendaraan bermotor Anda secara teratur agar hemat bahan bakar dan mengurangi asap kendaraan.
3. Gunakan Ichi-I Infra Red Stove untuk memasak makanan. Ichi-I Infra Red Stove merupakan kompor gas yang ekonomis dan ramah lingkungan. Selain dapat memangkas penggunaan gas sebanyak 30% di rumah Anda, Ichi-I Infra Red Stove juga merupakan kompor gas pertama di Indonesia yang mengubah pembakaran gas menjadi panas sinar infra untuk memasak.

Atasi Permasalahan Sampah dan Limbah
1. Jangan membuang minyak bekas menggoreng dan sisa-sisa makanan ke dalam bak cuci piring. Buang semuanya ke dalam tempat sampah.
2. Sebisa mungkin, bawalah kantong sendiri kalau berbelanja di supermarket.
3. Buanglah sampah pada tempatnya.
4. Mulailah mengkategorikan jenis sampah di rumah atau kantor Anda, misalnya sampah organik atau non-organik.
5. Mulailah membuat lubang resapan biopori (LRB) di halaman rumah Anda. LRB adalah metode resapan air yang ditujukan untuk mengatasi banjir dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah. Dengan membuat LRB sederhana di lingkungan rumah, diharapkan daya serap air pada tanah meningkat dan mencegah terjadinya banjir. Selain itu, LRB jiga bisa bermanfaat sebagai tempat pembuangan sampah organik, menyuburkan tanah dan meningkatkan kualitas air tanah.

LRB adalah lubang berdiameter 10-30 sentimeter dan kedalaman sampai 100 sentimeter. Dimasukkan sampah organik ke dalam lubang sehingga bisa menyerap air dan menjadi kompos yang menyuburkan.

Cegah Penggundulan Hutan
1. Kalau hendak memenuhi rumah dengan perabotan, lebih baik gunakan perabotan yang terbuat dari bambu daripada perabotan kayu. Bambu lebih cepat tumbuh daripada pohon, sedangkan jumlah pohon sekarang sudah sangat berkurang.
2. Tanam minimal dua batang pohon di halaman rumah, atau menanam tanaman hias dalam pot jika lahan menanam terbatas.

http://www.galerisehat.com

Rindu kelestarian Alam

Ayo selamatkan bumi kita

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s