Keutamaan Bulan Ramadhan

dari Amirul Mukminin Ali as, bahwa Rasulullah saw suatu saat berkhotbah dan mengatakan:
“Wahai sekalian manusia, ketahuilah bahwa bulan Allah yang penuh dengan barakat, rahmat dan ampunan telah datang. Bulan yang lebih mulia di sisi Allah dari bulan-bulan yang lain. Bulan yang hari dan malamnya lebih mulia dari hari dan malam di bulan lain. Bulan di mana Allah telah memanggil kalian semua untuk menjadi tamu-Nya dan peluang untuk menjadi hamba-hamba pilihan Allah terbuka untuk kalian. Di bulan ini, nafas kalian terhitung tasbih. Tidur kalian termasuk ibadah. Amal ibadah kalian diterima dan do’a kalian pasti terkabulkan. Karena itu, berdo’alah kepada Tuhan kalian dengan niat yang baik dan hati yang bersih agar Dia memberikan taufik-Nya kepada kalian untuk berpuasa d dan membaca ayat-ayat suci-Nya. Karena orang yang paling sengsara adalah orang yang tidak mendapatkan ampunan Allah di bulan yang agung ini.
Saat kalian merasa lapar dan dahaga ketika berpuasa ingatlah rasa lapar dan dahaga dii hari kiamat. Perbanyaklah sedekah kepada kaum fakir miskin. Hormatilah mereka yang lebih besar dan sayangilah mereka yang lebih kecil. Sambunglah tali persaudaraan di antara kalian. Jagalah lidah kalian. Palingkanlah pandanan kalian dari apa-apa yang telah Allah larang. Tutuplah telinga dari mendengar hal-hal yang haram. Sayangilah anak-anak yatim karena hal itu akan menjadikan anak-anak yatim kalian di sayangi orang lain. Bertaubatlah kepada Allah di bulan ini dari semua dosa kalian. Angkatlah tangan kalian dengan memanjatkan doa di waktu shalat, karena waktu shalat adalah sebaik-baik waktu di mana Allah memandang hamba-Nya dengan pandangan rahmat, menjawab panggilannya saat ia memanggil nama-Nya dan mengabulkan permintaannya saat ia memanjatkan doa.
Wahai sekalian manusia, diri kalian terikat pada amal perbuatan yang kalian lakukan maka lepaskanlah dengan istighfar. Punggung kalian berat karena memikul banyaknya dosa kalian maka ringankanlah dengan sujud yang lama. Ketahuilah bahwa Allah swt telah bersumpah dengan kebesaran-Nya bahwa Dia tidak akan menyiksa orang yang melakukan shalat dan bersujud kepada-Nya. Dan Dia tidak akan menakuti mereka dengan api neraka pada hari kiamat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s