Makan Enak untuk Langsing, Sehat dan Tampil Lebih

Mendeteksi kesehatan tubuh kita ternyata bisa dilakukan dengan mudah dan simpel. Apa itu? Dari buang air besar kita.  Dari sini bisa menjadi sinyal apakah sistem metabolisme tubuh  sudah berjalan optimal atau belum.  Bagaimana penjelasannya?

cantik langsing

cantik sehat alami

Sistem pembuangan yang bagus adalah ciri sistem metabolisme yang baik. Nah tanda pembuangan yang baik adalah jika B.A.B-kita terjadi tiap pagi, keluar otomatis, mengambang, beres dalam 2 menit, dan tuntas! Jika satu dari 5 tanda tersebut tidak ada, maka bisa ditengarai sistem metabolisme kita sedang mengalami gangguan. B-A-B yang lancar juga mencerminkan pencernaan kita yang sehat. Dengan demikian, penyerapan gizi akan menjadi efektif sehingga tubuh terpenuhi zat-zat gizi yang menunjang kesehatan tubuh.

Kita tentu kenal dengan pola makan 4 sehat 5 sempurna, yaitu terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayur mayur, buah-buahan dan susu ternak (sapi, kambing, kerbau). Ternyata hidangan itu masih kurang mendukung kesehatan yang optimal.  Apa pasal? Pertama, serapan nutrisi tidak efektif, diantaranya karena masing-masing bahan makanan tersebut membutuhkan enzim cerna yang berbeda-beda. Kedua, porsi sayuran menjadi sedikit karena biasanya “diserobot” dengan porsi nasi. Dan ketiga, organ cerna harus kerja keras/lembur dimana in bisa mempercepat proses pencernaan (kulit, fungsi organ, hipertensi dll).

Karena pola 4 sehat 5 sempurna juga tidak akan optimal hasilnya bila dilakukan saat makan pagi, siang dan malam hari. Mengapa demikian?

Sistem metabolisme tubuh terbagi menjadi 3 tahap yaitu: pukul 04.00 – 12.00 adalah waktu pembuangan, pukul 12.00 -20.00 adalah waktunya pencernaan, sedang pukul 20.00-04.00 adalah waktu penyerapan nutrisi dan asimilasi.

Food Combining pada dasarnya merupakan pola makan yang diselaraskan dengan mekanisme alamiah fungsi tubuh.  Tubuh memiliki irama biologis yang terdiri dari siklus pencernaan, penyerapan dan pembuangan. Dengan Food Combining, kerja metabolisme tubuh menjadi lebih efisien dan proses pencernaan lebih lancar, sehingga terjadi keseimbanagan dalam tubuh.

Dalam Food Combining, makanan yang mudah dicerna dianjurkan untuk dikonsumsi di pagi hari. Makanan yang lebih sulit dicerna sebaiknya dikonsumsi di siang dan malam hari. Fungsi organ pencernaan tidak boleh terlalu berat. Caranya antara lain melalui pemisahan makanan yang mengandung karbohidrat dengan protein hewani. Selain itu juga mengombinasikan makanan berkarbohidrat atau protein hewani dengan sayuran. Dianjurkan pula untuk mengonsumsi sebagian sayuran dalam keadaan mentah dan buah ketika perut dalam keadaan kosong.

Pola makan sehat alami ala Food Combining adalah :

  1. Buah-buahan/sayur mayur
  2. makanan pokok/lauk pauk
  3. susu ternak (perah segar dan fermentasi/yogurt).

Bagaimana mengaplikasikan sehari-hari?

Bangun tidur :  minum air putih + air jeruk nipis.

Pagi – jelang siang : buah-buahan, boleh ditambah plain yogurt dan telur.

Makan siangnya:  lauk hewani plus sayur mayur.

Kudapan sore: buah/sayur/lauk pauk/makanan pokok.

Makan malamnya: makanan pokok + lauk nabati (tahu, tempe) plus sayur mayur.

Sumber : CNINews.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s