Tahukah Anda ?

Bulan November 2008, timbunan sampah di kota Bandung rata-rata 7.500 kubik (2000 ton) per hari, dimana setiap orang di Bandung menyumbang sekitar 2,5 liter sampah/hari. Jika komposisi sampah plastik rata-rata 5% dari jumlah tersebut, maka setiap hari Bandung menghasilkan 100 ton sampah plastik. Bila ukuran satu kantong plastic 50 x 40 cm dan berat 10 gram, maka sampah plastic di kota Bandung setara dengan 200 lapangan sepak bola per harinya (PR, 12/10/2008). Sedangkan untuk kota Jakarta sendiri pada tahun 2000-an, volume sampah bisa mencapai 170 kali besar candi Borobudur (170 x 55.000 kubik) per hari, itu terjadi di akhir tahun 2008. Sekarang? Jauh lebih banyak lagi.  Di Jabodetabek,  rata-rata setiap pabrik menghasilkan 1 ton plastik/minggu.

Jumlah tersebut akan bertambah karena sifat-sifat yang dimiliki plastik, antara lain tidak dapat membusuk, tidak terurai secara alami, tidak dapat menyerap air, tidak berkarat sehingga pada akhirnya merusak lingkungan.

Dampaknya sudah bisa kita rasakan sekarang. Tumpukan sampah plastic yang dibuang sembarangan selalu menyumbat aliran sungai dan saluran drainase dan menyebabkan banjir di berbagai daerah di Indonesia bila musim hujan tiba. Jika dicampakkan ke atas tanah, sampah plastik memerlukan waktu lebih dari 1.000 tahun untuk hancur. Artinya, kekayaan tanah akan terganggu, tanah akan terkena dampak lebih buruk lagi kalau plastic yang dibuang mengandung zat beracun. Tanpa kita sadari, kita telah mewariskan alam yang telah rusak kepada anak keturunan kita, merekalah yang jadi taruhannya. Sementara itu, jika sampah plastic dibiarkan di tempat sampah, sisa-sisa makanan di atas sampah plastic akan mengundang lalat dan mikroorganisme yang berpotensi menjadi sumber penyakit.

Pelatihan guru Peduli lingkungan

Pelatihan guru Peduli lingkungan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s